Pengelompokan Makhluk Hidup

1.Pengelompokann Hewan
Hewan dikelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Ilmuwan mengelompokkan hewan menjadi beberapa kelompok, antara lain sebagai berikut :

  1. Mamalia,contoh hewan mamalia antara lain tikus, kelelawar, harimau, lumba-lumba,dll. Ciri mamalia antar lain : memiliki kelenjar susu, kulitnya ditumbuhi rambut, berdarah panas, bernapas dengan paru-paru, sebagian besar berkembang biak dengan melahirkan.
  2. Burung,contoh hewannya antara lain ayam, bebek, dan elang. Ciri kelompok burung antara lain: memiliki paruh, tubuhnya berbulu, memiliki sayap, berdarah panas, bernapas dengan paru-paru dan pundi udara, serta berkembang biak dengan cara bertelur.
  3. Reptilia,adalah kelompok hewan melata atau berjalan dengan menempelkan perut ke tanah. Contoh hewan melata antara lain cecak,ular, buaya, kura-kura, penyu, tokek, dan bunglon. Ciri hewan reptilia: kulitnya bersisik,berdarah dingin, bernapas dengan paru-paru,sebagian besar hidup di darat,berkembang biak dengan cara bertelur.
  4. Amfibi,adalah hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu darat dan air. Contoh kelompok amfibi : kodok, katak, dan salamander. Ciri kelompok amfibi :hidup di dua tempat (darat dan air), kulit tubuhnya lembap dan licin, bernapas dengan insang saat hidup di air serta bernapas dengan paru-paru dan kulit saat hidup di darat,mengalami metamorfosis,berdarah dingin, dan berkembang biak dengan cara bertelur.
  5. Ikan,dapat dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan tempat hidupnya, yaitu ikan air tawar, ikan air laut, dan ikan air payau. Ciri kelompok ikan :tubuhnya bersisik, bernapas dengan insang, memiliki sirip untuk berenang,berkembang biak dengan cara bertelur, berdarah dingin.
  6. Insekta,adalah kelompok serangga.Serangga adalah hewan berukuran paling kecil dibandingkan dengan kelompok hewan yang lain. Ciri kelompok serangga : memiliki kerangka luar, tubuhnya terbagi menjadi kepala, dada, dan perut, memiliki tiga pasang kaki dan sepasang antena, bernapas dengan trake, berkembang biak dengan cara bertelur.Contoh insekta yaitu lebah,belalang, semut,dll.

Komentar

Postingan Populer